Wali Kota Liverpool Kagumi Bakat Sepakbola Anak Surabaya

Selasa, 20 Mar 2018 | 16.57 WIB

Wali Kota Liverpool Kagumi Bakat Sepakbola Anak Surabaya

Shaun Garnett saat melatih anak-anak Surabaya di Stadion Tambaksari. (Windhi/centroone)


Centroone.com - Rombongan Wali Kota Liverpool Joe Anderson mengunjungi Stadion Gelora 10 November (G10N) atau Stadion Tambaksari, Selasa (20/3/2018). Rombongan ini melihat langsung pertandingan anak-anak usia 11-14 tahun.

Saat itu pelatih Tranmere Rovers FC Shaun Garnett yang ikut kunjungan Wali Kota Liverpool, langsung memimpin latihan. Dia melatih dan memberikan trik-trik bermain sepak bola kepada anak-anak. Anak-anak itu pun tampak semangat mengikuti semua arahan dari pelatih Transmere Rovers FC.

Pelatih club sepak bola tertua di Inggris ini mengaku kagum terhadap skill bermain anak-anak Surabaya pada saat pertandingan. Dia juga menilai anak-anak Surabaya memiliki potensi yang baik untuk menjadi pemain yang bertaraf internasional. “Saya merasa terkejut dengan skill mereka. Anak-anak itu punya potensi yang baik untuk menjadi pemain profesional. Pelatihnya juga bagus mengontrol bola dan mendidik anak-anak,” kata Shaun kepada wartawan, usai melatih anak-anak Surabaya.

Menurut Shaun, mereka itu cukup diberi pelatihan yang rutin untuk membentuk skillnya yang sudah lumayan bagus. Dengan cara itu, maka tidak menutup kemungkinan mereka bisa bermain secara profesional. “Selain itu, untuk mengembangkan pemain yang bagus dan bisa bermain secara profesional, mereka juga perlu menjaga gaya hidupnya,” kata dia.

Sementara Wali Kota Liverpool Joe Anderson mengaku sangat senang bisa melihat langsung skill permainan sepak bola anak-anak Surabaya. Dia menilai anak-anak itu sudah bagus. “Jadi, tujuan kami ke sini memang untuk melihat langsung permainan anak-anak. Selain itu, supaya mereka bisa mendapatkan latihan langsung dari Shaun Garnett,” kata Joe Anderson di sela-sela kunjungannya ke Stadion Tambaksari.

Menurut dia, pengembangan sepak bola menjadi salah satu bagian dari perjanjian kerjasama antara Pemkot Surabaya dan Liverpool. Da juga menjelaskan bahwa di Liverpool, setiap club sepak bola, pasti ada akademinya, sehingga hal itu bisa dikerjasamakan dengan Pemkot Surabaya. “Karena Bu Risma juga punya keinginan untuk mengirimkan anak-anak Surabaya berlatih di Liverpool,” ujarnya.

Kepala Dispora Surabaya Afghani Wardhana yang turut mendampingi kunjungan itu mengatakan kunjungan kali ini akan memacu semangat sekolah sepak bola (SSB) yang ada di Surabaya. Bahkan, dengan kunjungan ini akan lebih banyak bermunculan bibit-bibit unggul dalam dunia sepak bola di Surabaya.

 “Kami berharap bisa lebih banyak bermunculan SSB baru di Kota Surabaya. Kami juga akan menginformasikan bahwa akan ada seleksi anak-anak berbakat yang akan dikirim ke Liverpool,” kata Afghani di sela kunjungan itu.

Ke depannya, lanjutnya, akan ada tim khusus untuk menyeleksi anak-anak berbakat yang akan dikirim ke Liverpool. Rencananya, akan ada 10 anak berbakat dan terbaik yang akan dikirim Pemkot Surabaya untuk mengikuti pelatihan sepak bola di Liverpool. “Mengenai teknis selanjutnya, kami masih menunggu arahan dari Bu Wali Kota (Risma),” ujarnya.

Afghani menambahkan, anak-anak yang ikut berlatih bersama Shaun Garnett pagi ini adalah club yang menang dalam turnamen piala Wali Kota tahun 2017. Setidaknya, ada enam club yang diundang beserta beberapa club yang ingin mengetahui langsung pelatihan yang diberikan oleh Shaun. “Tentunya, ini pelajaran berharga bagi anak-anak kami dan bagi para pelatih SSB di Kota Surabaya,” pungkas Afghani. (windhi/by)