Pentingnya Analitik dan Machine Learning Bagi Bank

Jumat, 23 Nov 2018 | 16.00 WIB

Pentingnya Analitik dan Machine Learning Bagi Bank

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI), salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, menerapkan Cloudera Enterprise dari Cloudera Inc - penyedia platform modern untuk pembelajaran mesin dan analitik yang dioptimalisasi untuk cloud - untuk memanfaatkan kekuatan data mereka sehingga dapat menyajikan layanan yang lebih baik bagi para konsumennya dan mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia. 

Komitmen BRI juga selalu sejalan dengan Visi Go Digital 2020 yang dicanangkan pemerintah Indonesia dan berfokus pada percepatan tingkat inklusi keuangan di Indonesia. Sebelumnya, BRI selalu mendistribusikan pinjaman dengan cara tradisional yang seringkali menyita waktu dan membutuhkan proses yang panjang. Hal ini menjadi penghambat dalam mendorong tingkat inklusi keuangan. 

Sementara itu, untuk mengatasi kekhawatiran yang meningkat seputar keamanan data, baik dari regulator maupun konsumen, BRI juga baru-baru ini memulai proyek percontohan untuk meningkatkan Fraud Detection System (Sistem Pendeteksian Penipuan).   Cloudera Data Science Workbench digunakan untuk mengembangkan suatu model pembelajaran mesin untuk pendeteksian penipuan dengan memanfaatkan data dari beberapa set data. 

Model ini akan diterapkan dan bekerja secara real-time dengan menerapkan HBase sebagai penyimpanan data di backend. Dengan Fraud Detection System yang baru dikembangkan ini, BRI akan mampu memroses dan mendeteksi penipuan secara real time dengan menyoroti berbagai anomali yang ditemukan dalam berbagai peristiwa yang terjadi di beragam touch points para pelanggan, seperti di mesin ATM dan portal internet banking.

“Agar tetap dapat menjadi yang terdepan dalam kompetisi, bank-bank membutuhkan analitik dan pembelajaran mesin untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai pelanggan mereka guna menghadirkan penawaran yang lebih terpersonalisasi, mentaati ketentuan yang berlaku, serta mengurangi risiko,” tutur Mark Micallef, Vice President for Asia Pacific and Japan, Cloudera.

​“Kami sangat senang untuk membantu BRI dalam meraih peluang-peluang pertumbuhan baru dan menghadapi berbagai tantangan bisnis yang kompleks.” tutupnya.  by