Perkuat Sistem Pelayanan, BRI Terapkan Teknologi Cloudera

Jumat, 23 Nov 2018 | 12.00 WIB

Perkuat Sistem Pelayanan, BRI Terapkan Teknologi Cloudera

ilustrasi (cloudera/bri)


Centroone.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI), salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, menerapkan Cloudera Enterprise dari Cloudera Inc - penyedia platform modern untuk pembelajaran mesin dan analitik yang dioptimalisasi untuk cloud - untuk memanfaatkan kekuatan data mereka sehingga dapat menyajikan layanan yang lebih baik bagi para konsumennya dan mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia. 

Dengan memperkuat platform big data perusahaan melalui solusi Cloudera, BRI  telah memperluas basis pelanggannya dan meningkatkan kemampuan pendeteksian penipuan melalui teknologi pembelajaran mesin. Dengan begitu besarnya data pelanggan yang dikumpulkan selama bertahun-tahun, Bank BRI memulai misi untuk mendigitalisasi kegiatan operasionalnya dengan menerapkan sebuah platform pengelolaan data modern yang skalabel, aman, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Dengan mengganti sistem lama mereka dan beralih ke Cloudera Enterprise, BRI mampu menganalisis data historis yang terkumpul selama lima tahun dan menggunakan informasi yang dihasilkan untuk meningkatkan sistem penilaian kredit mereka. Informasi yang dihasilkan juga menyingkapkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perilaku pelanggan. Berbekal pengetahuan tersebut, BRI kini dapat mendorong penjualan yang lebih besar melalui layanan cross-selling dan upselling yang paling relevan bagi setiap pelanggan yang ada. “Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang secara terus-menerus menjawab permintaan pelanggan sekaligus mengurangi risiko,” kata Indra Utoyo, Direktur TI dan Operasional, BRI. 

Dengan mengadopsi pendekatan berbasis data dan menerapkan pembelajaran mesin, BRI  meningkatkan penyerapan pinjaman digital dan mengembangkan tingkat produktivitas dalam hal pemrosesan pinjaman kredit hingga 50%, sehingga mengurangi waktu yang diperlukan dari dua minggu menjadi dua hari saja. 

Menurut laporan Global Findex Database 2017, hampir 50% orang dewasa di Indonesia kini telah memiliki rekening bank. Hal ini mencerminkan kemajuan yang telah dicapai oleh negara dalam mendorong inklusi keuangan. Dan BRI bermaksud untuk semakin mempersempit kesenjangan inklusi keuangan ini dengan memberikan akses yang lebih besar terhadap pinjaman bank secara digital melalui pengenalan aplikasi.

“Platform Cloudera yang aman, skalabel, dan sesuai ketentuan yang berlaku, telah memberdayakan kami untuk menganalisis volume data yang sangat besar, yang kemudian memungkinkan kami untuk membuat keputusan berdasarkan informasi, yang membantu mengurangi tingkat kehilangan jumlah pelanggan, meningkatkan wallet share, dan mencegah penipuan dengan lebih baik. Kami juga memilih Cloudera karena referensi yang kuat di pasar Indonesia dan dukungan teknis yang tangguh yang diberikan oleh tim lokal dan global mereka.” tambah Indra Utoyo.  by