Kurangi Error di Dunia Nyata, Simulasi 3D Bantu Integrasi SmartCity

Rabu, 20 Sep 2017 | 13.00 WIB

Kurangi Error di Dunia Nyata, Simulasi 3D Bantu Integrasi SmartCity

Masaki Sox Konno, Managing Director, Asia Pacific South - Dassault Systemes di ajang 3D Experience Forum (Centroone)


Centroone.com - Di berbagai negara dunia, pelan-pelan mulai bermunculan sejumlah Smart City, dimana pelayanan publik serta service lain untuk masyarakat mulai terintegrasi dalam sebuah platform digital. 

Di Asia Tenggara sendiri menurut Masaki Sox Konno, Managing Director, Asia Pacific South - Dassault Systemes , konsep SmartCity mendapatkan momentum dengan cepat.  Sedangkan di Indonesia, ditambahkan Masaki sudah mencapai momentum tepat dengan melengkapi diri mereka dengan teknologi terbaru dan sistem yang lebih cerdas.

"Kami menantikan untuk melakukan kolaborasi berkelanjutan dengan organisasi sektor publik dan swasta guna mendorong visi kota cerdas dan proyek cerdas ke depan serta semakin meningkatkan proses cerdas. " tutur Masaki di sela konferensi pers  di ajang Dassault Systèmes 3D Experience Forum Indonesia, Surabaya, Selasa, (19/09/2017). 

Sementara itu Executive Vice President, Global Affairs and Communities di Dassault Systemes, Philippe Forestier mengatakan pemerintah dan perencana kota tengah menghadapi tantangan besar yang disebabkan urbanisasi dan pertumbuhan penduduk yang cepat. Hampir 80 persen populasi tinggal di perkotaan.

Platform 3DEXPERIENCE, kata Philippe Forestier, telah digunakan oleh pemerintah dan bisnis di seluruh industri untuk mencapai kolaborasi, perencanaan dan simulasi yang lebih baik. Hal ini sangat penting karena proyek cerdas baik pembangunan SmartCity maupun pabrik pengolahan minyak dan gas membutuhkan pembagian informasi yang efektif dan data yang akurat, yang berasal dari satu sumber yang benar.

”Simulasi realistis dalam lingkungan 3D juga membantu mengurangi kesalahan dalam penggunaan di dunia nyata. Platform 3D Dassault Systemes di Indonesia juga telah diaplikasikan selama 30 tahun, misalnya, di PT Dirgantara Indonesia (Persero),”ujarnya. by 

3DEXPERIENCE Forum Indonesia menghadirkan beberapa pembicara terkemuka. Diantaranya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (melalui video conference); Setiaji (Departemen Komunikasi, Informasi & Public Relations, Smart City Chief, Jakarta) ; Dr Mohammad Rusydi (Direktur PT PGRC), Dwi Budhi Agastya (VP Business Demand-Corporate Shared ServicePT Pertamina), Abdul Rofid Fanany (SVP PT Pelinco III) dan Andi Alisjahbana (Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia). by