Gali Lebih Dalam Potensi Pengaplikasian Teknologi 3D di Indonesia

Selasa, 19 Sep 2017 | 17.00 WIB

Gali Lebih Dalam Potensi Pengaplikasian Teknologi 3D di Indonesia

Philippe Forestier, Executive Vice President of Global Affairs & Communities Dassault Systèmes saat menjadi pembicara di 3DExperience Forum (Centroone)


Centroone.com - Di era teknologi yang semakin maju, banyak sektor industri telah beralih pada teknologi yang memberikan kemampuan integrasi antar bagian pendukung, seperti engineering dan manufacturing.     

Kemudahan untuk mengembangkan dan mewadahi berbagai konsep, sebelum sebuah konsep menjadi nyata membuat sejumlah perusahaan memilih untuk memanfaatkan teknologi 3D.  Kemampuan dari teknologi 3D untuk menghubungkan orang, ide, solusi, dan data itulah yang diperkenalkan Dassault Systèmes di 3DEXPERIENCE Forum Indonesia . 

Forum yang merupakan yang pertama di Indonesia tersebut, digelar di Surabaya, Selasa, (19/09/2017).  Dalam ajang ini, sejumlah pembicara dari berbagai sektor seperti dari PT Dirgantara Indonesia (penerbangan), pertambangan, serta pemerintahan hadir untuk berbagi ilmu serta pengalaman untuk menggali lebih dalam potensi dari pengaplikasian teknologi 3D untuk pengembangan berbagai sektor, terutama dalam pengembangan sebuah kota.  

"Dassault Systèmes adalah perusahaan scientific. Di Dassault Systèmes, kami selalu  berusaha memahami dan menjawab kebutuhan bagi setiap orang.  Saat ini kita tinggal di kota. Di sini, Dassault Systèmes berusaha membuat kota ini menjadi kota yang nyaman dan enak untuk ditinggali di masa depan. " ujar Philippe Forestier,  Executive Vice President of Global Affairs & Communities Dassault Systèmes.  

Acara ini juga dilengkapi dengan Dassault Systèmes 3DEXPERIENCE Playground. Di sini, para peserta forum melihat dari dekat berbagai booth yang menampilkan teknologi inovasi Dassault Systèmes. Di 3DEXPERIENCE Playground ini juga, para peserta forum juga bisa mendapatkan informasi bagaimana Dassault Systèmes mengubah sebuah konsep, menjadi sebuah desain nyata. 

"Saat ini industri telah masuk industry 4.0. Dimana integrasi engineering dan manufacturing adalah sebuah keharusan.  Sebagai contoh dulu, desain dikirim lewat email atau transfer file. Namun kini semua sudah dalam satu platform. Tidak ada data hilang atau tidak sesuai. Jadi telah tercipta sebuah link antara engineering dan manufacturing . Sudah makin terintergrasi (dalam platform 3D) " tambah Adi Aviantoro Indonesia Country Head Dassault Systèmes

Peserta forum dapat melihat dan mencoba langsung  pelatihan virtual untuk penambangan sumber daya, manufaktur digital, visualisasi 3D dalam pabrikan aditif, simulasi mendalam penambangan minyak & gas, virtual plant model and underground mining yang dilengkapi dengan VR (virtual reality) serta visual mendalam untuk pengoperasian dan perawatan platform 3D experience.  by