Cloudera Data Science Week, Bukan Sekedar Revolusi Data

Sabtu, 26 Nov 2016 | 13.00 WIB

Cloudera Data Science Week, Bukan Sekedar Revolusi Data

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Cloudera, penyedia manajemen data global dan platform analitik  yang dibangun pada Apache Hadoop dan teknologi open source terbaru, mengumumkan peluncuran perdana Cloudera Data Science Week Asia Pacific 2016. Kegiatan ini digelar beberapa pasar wilayah Asia Pasifik dari tanggal 3-9 Desember 2016.

Rangkaian acara ini akan menghadirkan para pakar industri dan pembicara ternama yang akan berbagi wawasan strategis terkait isu-isu big data sektor publik dan swasta bagi para eksekutif senior. Di Indonesia sendiri,  Data Science Weekend bakal digelar di Yogyakarta, 3-5 Desember, 2016 nanti dimana dalam acara itu para profesional, komunitas, dan pelajar yang berkutat di bidang data akan membahas implikasi data sains, hambatan antara pengambilan keputusan berbasis data dan berbasis kreativitas, dan dampak bisnis terkait melalui seminar-seminar dan diskusi panel yang dipimpin langsung oleh Chief Technology Officer Cloudera, Amr Awadallah.

Fajar Jaman, Head of Data Science Indonesia menuturkan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya yang lebih besar untuk menyatukan komunitas big data terkini dan yang akan datang pada hari ini, demi terciptanya masa depan yang lebih cerdas dan lebih digital.  “Data Science Weekend bersama Cloudera di Indonesia, dan seluruh rangkaian kegiatan selama pekan perdana ini merupakan bukti pengaruh big data bagi dunia usaha dan komunitas di Indonesia dan di seluruh kawasan Asia Pasifik,”ungkap Fajar Jaman.

Meskipun jumlah perusahaan yang memanfaatkan big data bertumbuh dengan pesat, menurut IDC, lebih dari 65 persen perusahaan masih berada pada tahap awal eksperimen dengan big data. Namun, pemanfaatan data tetap menjadi sebuah keharusan dalam dunia bisnis, dan menghadirkan solusi-solusi nyata terhadap tantangan bisnis senantiasa menjadi tujuan Cloudera melalui penyelenggaraan acara industri tahunan ini.“Memprediksi masa depan big data, menjajaki peluang baru, menuai hasil, serta memanfaatkan big data untuk inovasi hanyalah merupakan tahap awal dari perjalanan ini,”ujar Daniel Ng, Senior Director, Asia Pacific, Cloudera mengatakan Cloudera memperkenalkan acara Cloudera Data Science Week Asia Pacific untuk pertama kalinya.

Acara ini diharapkan akan menjadi acara industri tahunan, yang memobilisasi perusahaan untuk memperoleh manfaat yang kompetitif dari wawasan yang lebih mendalam, membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih tajam, dan menemukan masalah dan tren yang mempengaruhi bisnis mereka. Melalui Data Science Week Asia Pacific Cloudera diharapkan perusahaan-perusahaan akan lebih siap untuk mengidentifikasi tantangan dan kendala yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan terkait data, guna mempersiapkan bisnis mereka di masa. by